Menyusuri Keindahan Pesisir Pulau Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud

Leave a Comment

Sabang di Provinsi NAD dan Merauke di Provinsi Papua adalah wilayah paling barat dan paling timur Indonesia. Keduanya terkenal berkat lagu "Dari Sabang Sampai Merauke". Tapi tahukah dimana daerah paling utara Indonesia? Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara adalah jawabannya. Terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi, berbatasan dengan Negara Philipina. Terdiri dari 17 pulau, termasuk Pulau Miangas sebagai pulau paling utara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pulau Karakelang adalah pulau terbesar di Kabupaten Kepulauan Talaud. Kota Melonguane yang menjadi pusat pemerintahan juga berlokasi di Pulau Karakelang. Akses menuju Melonguane dapat dijangkau dari Kota Manado, baik menggunakan transportasi laut maupun udara menuju Pelabuhan Melonguane atau Bandara Melonguane. Tentu saja pilihan menggunakan transportasi udara jauh lebih cepat. Jika menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Manado butuh waktu lebih dari sehari ke Pelabuhan Melonguane, dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke Bandara Melonguane hanya butuh waktu sekitar satu jam. Saat ini, setiap hari terdapat satu penerbangan dari Manado ke Melonguane maupun sebaliknya.


Jalan utama di Pulau Karakelang dibangun di sepanjang pesisir mengelilingi pulau. Di sepanjang jalan, sangat mudah menemukan pantai yang indah. Pulau Karakelang yang terletak di Samudera Pasifik memang dikarunia deretan pantai dengan biru air laut yang jernih. Sempatkan untuk menikmati keindahan pantai-pantai itu. Cobalah menyusuri pesisir barat dari Kecamatan Melonguane di ujung selatan sampai Kecamatan Essang di ujung utara Pulau Karakelang.

Sejatinya, keindahan deretan pantai sudah terlihat tatkala pesawat mulai bersiap mendarat. Hamparan pasir putih di sepanjang pulau yang dikelilingi laut biru terlihat begitu memukau dari ketinggian, membuncahkan hasrat untuk menyusuri keindahan pesisir Pulau Karakelang.

Keindahan Pulau Karakelang dari udara

Mulailah dari pelabuhan Melonguane. Tampak kapal feri Manado-Melonguane yang sedang bersandar. Tak jauh dari pelabuhan, di hamparan pantai berpasir  putih, berderet perahu-perahu yang melayani penyeberangan ke pulau-pulau di sekitar Pulau Karekelang, termasuk ke Pulau Sara yang terkenal dengan keindahan dan kedamaian alamnya.

Pelabuhan Melonguane

Pelabuhan Melonguane

Di sebelahnya,  tidak jauh dari Bandara Melonguane, pantai berpasir putih dengan ombak yang relatif tenang menjadi favorit masyarakat sekitar Kota Melonguane. Pada waktu sore, masyarakat memanfaatkan untuk bercengkerama bersama keluarga, terutama mandi di laut untuk mendinginkan badan di tengah panasnya udara. Di beberapa tempat juga terlihat kegiatan masyarakat yang mencari ikan,  baik memancing ataupun menebar jala.



Bergeserlah ke utara menuju Pantai Arangas yang masih berada di Kecamatan Melonguane. Pasir putihnya yang berpadu dengan deretan pohon bakau sangat ideal untuk duduk-duduk sambil menanti mentari tenggelam di balik Pulau Salibabu yang terletak di seberang.


Bahkan keindahan pantai-pantai pesisir Pulau Karakelang bisa dinikmati tanpa perlu menjejak pasir pantai. Ketika memasuki jalan perbukitan yang mendaki, cobalah sejenak berhenti di puncaknya. Edarkan pandangan ke arah pesisir dan nikmatilah keindahan alam Pulau Karakelang. Garis pantai yang panjang, hamparan pasir yang bersih, batu karang yang berserak di beberapa bagian pantai, deretan pohon kelapa yang berjajar rapi, laut biru yang terbentang luas, dan deburan ombak kecil yang mengusap bibir pantai. Lukisan alam yang benar-benar memanjakan mata.




Melajulah ke Kecamatan Beo dan Beo Utara, di antara deretan keindahan pantainya, yang paling terkenal adalah Pantai Lobbo. Hamparan pasir putih yang lembut berpadu dengan laut biru yang jernih sungguh menyejukkan pandangan. Air laut yang biru itu menyatu dengan langit biru di batas cakrawala. Di antaranya, terlihat Pulau Tofor dan Pulau Dolong yang menambah daya tarik panorama Pantai Lobbo. 

Lebih ke utara, memasuki Kecamatan Essang juga terhampar pantai-pantai yang indah. Lagi-lagi, mata dimanjakan dengan pemandangan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut dan ombak yang relatif tenang bergelombang datang dari laut biru.



Sayangnya, saat ini akses jalan dari Kecamatan Essang ke arah utara untuk selanjutnya melingkar ke sisi pesisir timur masih belum begitu bagus. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud terlihat tengah membangun dan memperbaiki akses jalan lingkar di sepanjang pesisir Pulau Karakelang itu.

Alternatifnya, sebagai penghubung antara pesisir barat dan pesisir timur, dibangun jalan dari Kecamatan Beo ke Kecamatan Rainis. Tempuhlah rute itu jika ingin menyaksikan pantai-pantai di pesisir timur yang tidak kalah cantiknya. Dari pesisir timur pun, perjalanan akan kembali ke Kota Melonguane.

Satu kesimpulan ketika menyusuri pesisir Pulau Karakelang. Begitu mudah menemukan pantai-pantai yang indah di sepanjang perjalanannya. Sungguh tepat kiranya Kepulauan Talaud berjuluk sebagai bumi Porodiso. Begitulah teriakan para pelaut Portugis berabad yang lalu ketika mendarat di gugusan pulau di Kepulauan Talaud karena mengira menemukan potongan surga di bumi yang begitu indah.

#ingatanperjalanan, 6&7112017
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment