Mengagumi Keindahan Panorama dan Tantangan Ombak Pantai Tropika

1 comment

Keberadaan Pantai Tropika sudah lama dikenal oleh para peselancar. Tidak sedikit peselancar dari manca negara yang tertantang menaklukan ombak pantai itu. Padahal letaknya cukup tersembunyi, diapit oleh bukit-bukit. Barangkali lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kawasan pertambangan Batu Hijau yang dikelola PT Newmont Nusa Tenggara (saat ini pengelolaan berpindah ke PT Amman Mineral Nusa Tenggara) menjadikannya mendunia. Sepertinya, bule-bule yang bekerja di PT Newmont telah menjadi "duta wisata" yang mengabarkan keberadaan Pantai Tropika di negara masing-masing.

Pantai Tropika juga dikenal dengan sebutan Pantai Sekongkang karena terletak di desa Sekongkang, Kecamatan Sekongkang. Jaraknya sekitar 50 km dari Kota Taliwang, pusat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Butuh waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk bisa mencapainya. Gunakan kendaraan dalam kondisi prima untuk pergi ke Sekongkang karena harus menempuh jalan yang mendaki dan berliku. Di beberapa bagian, bukit menghijau menjadi pemandangan yang menyegarkan.

Akses paling gampang, dari Kota Taliwang mengikuti jalan utama di sepanjang pesisir barat Pulau Sumbawa. Pilihan jalur yang direkomendasikan google maps dapat diandalkan. Tak perlu khawatir nyasar. Rambu-rambu petunjuk arah pun sudah banyak terpasang di sepanjang jalan. Jika masih ragu, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk setempat.


Sesampai di Pantai Tropika, bayangan sebuah pantai yang dipenuhi peselancar pudar. Relatif tenang dan sepi, hanya ada beberapa orang wisatawan di tepi pantai dan resort yang berada tak jauh dari pantai. Rupanya sore itu kondisi cuaca kurang bersahabat dengan para peselancar. Surfing memang sangat tergantung pada ombak. Istilah mereka, sudah 3 hari ombaknya rusak dan tidak dapat digunakan untuk berselancar. Terlihat mereka hanya duduk-duduk ngobrol sambil mengamati laut, menunggu jika ombak yang dapat digunakan berselancar datang kembali.


Akan tetapi, sejatinya Pantai Tropika bukan hanya sebatas pada ombaknya yang menantang. Pantai ini juga menawarkan keindahan panorama alami. Susurilah hamparan pasir putihnya yang luas membentang, panjang dengan kedua ujungnya yang melengkung bagai bulan sabit. Tengoklah lautnya yang luas tak bertepi, dengan paduan gradasi warna hijau dan biru. Rasakanlah air lautnya yang menyapa bibir pantai, menyisakan kekuatan ombaknya yang datang bergulung-gulung. Edarkan pandangan ke kedua ujung pantainya. Bukit menghijau menjadi batas pandangan, seolah mengurung dan menyembunyikan keindahan Pantai Tropika. Belum lagi ketika berlahan mentari berangsur tenggelam di cakrawala menyajikan pesona keindahan senja. Sempurna sudah keindahan panorama Pantai Tropika.

Paduan panorama yang indah dan ombak yang menantang, bukan tidak mungkin menjadikan Pantai Tropika semakin menjadi pilihan. Terlebih lagi, Pemerintah KSB berencana mengaktifkan kembali Bandara Sekongkang. Jika sudah tersedia penerbangan dari Bandara Internasional Lombok ke Bandara Sekongkang, tentu akses menuju Pantai Tropika akan semakin mudah. Sungguh kesempatan yang layak ditunggu.

#ingatanperjalanan, 30102017
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment: