Meniti Kearifan Jembatan Akar, Pesisir Selatan

1 comment

Tidak berlebihan jika disebut jembatan akar karena jembatan itu memang tercipta dari jalinan akar dua batang pohon yang tumbuh berseberangan di sisi sungai. Mendengar namanya, memunculkan keinginan untuk dapat melihat langsung keunikan tersebut.

Akses untuk mencapainya cukup mudah. Ambil jalur dari Kota Padang menuju Kota Painan, ibukota Kabupaten Pesisir Selatan yang berjarak sekitar 70 km. Sebelum memasuki kota Painan, sampailah di pertigaan Pasar Baru, yang ditandai dengan papan penunjuk arah lokasi Jembatan Akar. Berbeloklah ke kiri menuju Kecamatan Bayang, menyusuri jalanan beraspal dengan pemandangan hijau persawahan. Lokasi Jembatan Akar berjarak sekitar 15 km dari pertigaan tersebut.

Jembatan yang oleh masyarakat setempat disebut Titian Aka itu membentang sekitar 10 meter di atas aliran Sungai Bayang, dengan panjang kurang lebih 25 meter dan lebar 1,5 meter. Konon, jembatan akar sudah berusia lebih dari seratus tahun. Adalah seorang ulama, Pakih Sokan yang menggagas pembangunan jembatan untuk mengatasi kesulitan para santrinya yang tinggal di seberang sungai manakala Sungai Bayang sedang meluap. Jembatan bambu yang digunakan masyarakat untuk menyeberang seringkali hanyut dihantam derasnya arus Sungai Bayang.


Pada tahun 1890 Pakih Sokan mulai menanam pohon beringin di kedua tepi sungai, dan ketika akarnya mulai memanjang dililitkan di jembatan bambu. Setelah sekitar 25 tahun, akar kedua pohon itu mulai menyatu dengan kokoh membentuk jembatan dan mulai digunakan masyarakat untuk menyebrang. Saat ini, mengingat usianya yang sudah lebih dari seabad, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah memasang tali besi sebagai bentang penguat. Apalagi ketika Sungai Bayang sedang meluap, ketinggian air dapat mencapai dasar jembatan.

Sungguh mengagumkan gagasan Pakih Sokan yang sepertinya paham betul penerapan pepatah Minangkabau, "alam takambang jadi guru". Jembatan akar terbangun sebagai perpaduan kekuatan alam dan pengetahuan lokal untuk memecahkan permaslahan masyarakat. Sebuah kearifan yang layak diteladani dan dijaga.


#ingatanperjalanan, 23022017
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    Menyediakan Deposit Via Pulsa TELKOMSEL / XL
    Dompet Digital Via OVO, DANA, LINK AJA DAN GOPAY
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    WA : +855 88 868 8229
    Online 24Jam Bosku
    www.dewa-lotto.site
    www.dewa-lotto.club

    ReplyDelete