Menjadi Segar Kembali di Kolam Rendam Cipanas, Kabupaten Kuningan

Leave a Comment

Pembangunan jalan tol Cipali (Cikampek - Palimanan) yang menyambungkan ruas tol Jakarta - Cikampek dan  tol Palikanci (Palimanan - Kanci), semakin mendorong keterkaitan wilayah.  Salah satu yang menerima berkah adalah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kabupaten yang terletak di lereng Gunung Ciremai itu dapat menjadi alternatif menghabiskan akhir pekan selain ke Puncak atau Bandung.

Lokasinya yang berada di lereng gunung menjanjikan udara yang sejuk menyegarkan. Sangat pas untuk tujuan melepas lelah dan sejenak melupakan rutinitas kerja. Terlebih lagi, Kabupaten Kuningan menawarkan beragam keindahan wisata. Sebut saja di antaranya: Gedung Linggarjati yang menjadi salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia, situs purbakala megalitikum Cipari, waduk Darma, sumur Cibulan dengan ikan dewa, dan pemandian air panas Sangkanhurip.

Jika pengin menikmati keindahan yang lebih kental dengan nuansa perdesaan, cobalah berkunjung ke kolam rendam air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan. Diperlukan sekitar satu jam perjalanan untuk menjangkau kecamatan yang berjarak sekitar 40 km dari pusat Kabupaten Kuningan itu, ke arah Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka. Di Pertigaan selepas Waduk Darma, bersiaplah untuk berbelok ke kiri menuju Kecamatan Subang. Pemandangan di sepanjang jalan yang berkelok sungguh memanjakan mata. Lereng bukit, hamparan lembah, dan sungai berliku mencipta komposisi keindahan yang menyejukkan hati. 

Teruslah menikmati keindahan itu sampai pusat Kecamatan Subang. Jika membawa kendaraan roda 4, bisa diparkir di halaman masjid raya Kecamatan Subang. Aturan yang ditetapkan pengelola, kendaraan roda 4 tidak diijinkan menjangkau lokasi kolam rendam Cipanas. Pilihannya, naik ojek atau jika masih kuat berjalanlah, lebih menyehatkan. Hanya sekitar 1 km. Bahkan rasa lelah dalam perjalanan terbayar dengan keindahan pemandangan yang dapat dinikmati sepanjang jalan menuju kolam rendam.

Kolam rendam Cipanas Desa Subang terdiri dari 3 kolam utama dengan derajat panas yang berbeda: Kolam rendam terpanas, kolam rendam air hangat, dan kolam air hangat untuk anak-anak. Ikutilah petunjuk yang terpasang untuk kenyamanan dan keamanan. Misalnya, pada kolam yang paling panas, tidak lebih dari 30 menit setiap kali berendam. Ambil istirahat di luar kolam beberapa saat sebelum berendam kembali. Jika terlalu lama, selain membuat kulit kering juga kepala terasa pusing karena menghirup uap belerang.



Selebihnya, puaskan diri berendam di kolam rendam Cipanas untuk menghilangkan rasa pegal. Otot-otot yang tegang akan kembali rileks. Kandungan sulfur dalam kolam rendam Cipanas juga berkhasiat sebagai obat penyakit kulit alami. Pikiran dan badan pun kembali menjadi segar.

Jika ada yang disayangkan, justru bentuk kolam rendam yang kurang alami sehingga kurang menyatu dengan keindahan alam nuansa perdesaan. Bayangkan, jika dapat berendam pada kolam air hangat dengan bentuk yang lebih alami, di suatu ketinggian yang langsung berhadapan dengan hamparan lembah menghijau. Amboy indahnya.


#IngatanPerjalanan, 26122015

Photo: Dwi Wardati
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment