Menikmati Kesegaran Hasil Tangkapan Nelayan Pantai Depok, Yogyakarta

Leave a Comment

Landscape Pantai Depok tidak jauh berbeda sebagaimana pantai-pantai lain di pesisir selatan Kabupaten Bantul. Hamparan pasir luas dan deburan ombak Samudera Hindai yang cukup besar menjadi cirinya. Pantai Depok memang belum seterkenal Pantai Parangtritis ataupun Pantai Samas. Akan tetapi, di antara sekian banyak pantai di Kabupaten Bantul, sepertinya Pantai Depok yang paling dipersiapkan untuk memanjakan pengunjung menikmati kuliner hasil laut.

Masyarakat di sekitar Pantai Depok memang berprofesi sebagai nelayan. Setiap hari mereka pergi melaut dan membawa hasil tangkapan ke pantai. Beruntunglah, Pemerintah membangun fasilitas pasar ikan di Pantai Depok. Warung makan yang siap mengolahnya pun tumbuh menjamur di sepanjang pantai Depok. Pilihlah aneka jenis hasil tangkapan laut di pasar ikan, kemudian bawalah ke salah satu rumah makan untuk diolah: dibakar, digoreng, bumbu asam manis, bumbu balado, atau olahan lainnya. Harganya pun relatif murah. Berbekal Rp. 100.000,00 di Pasar Ikan Depok sudah dapat berbelanja setengah kilogram kakap merah, setengah kilogram bawal, dan setengah kilogram udang. Tersedia juga kakap putih, anak ikan hiu, kerang dan jenis hasil laut lainnya. Sangat pas untuk yang berburu kuliner segar hasil laut dengan harga murah sembari menikmati deburan ombak pantai selatan. 

Lebih dari itu, Pantai Depok bukan hanya asyik untuk kuliner. Hamparan pasirnya yang luas juga menarik untuk ditelusuri. Meskipun Pantai Depok berpasir hitam, tetapi teksturnya sangat lembut. Jika malas berjalan kaki, sewalah ATV untuk menjelajahi setiap sudut Pantai Depok. Jika sedang ramai, berhati-hatilah memacu ATV agar tidak mengganggu sesama pengunjung.

Sebagaimana pantai selatan pada umumnya, ombak Pantai Depok juga cukup besar. Meskipun menyenangkan, tetaplah selalu waspada untuk tidak berenang terlalu jauh dari garis pantai. Menerbangkan layang-layang sembari menanti matahari terbenam juga dapat menjadi aktivitas yang mengasyikkan di pantai Depok.


Tidak sulit untuk mencapai pantai yang berada di sebelah barat Pantai Parangtritis itu. Dari Kota Yogyakarta, ikutilah rute perjalanan menuju Pantai Parangtritis. Menjelang gerbang masuk, berbeloklah ke arah kanan dan setelah sekitar 1,5 km perjalananan sampailah di pantai yang menawarkan kesegaran kuliner hasil laut itu.

#IngatanPerjalanan, 20072015

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment