Menemani Ketenangan Senja di Pantai Kertasari, Sumbawa Barat

1 comment

Jangan salah duga dengan namanya. Pantai Kertasari bukan terletak di pesisir Pulau Jawa. Penamaan Pantai Kertasari diambil dari lokasinya yang berada di Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pantai Kertasari merupakan salah satu pantai terindah di KSB.

Lokasi Pantai Kertasari tak jauh dari Kota Taliwang yang menjadi pusat pemerintahan KSB. Hanya butuh kurang dari satu jam menempuh jarak sekitar 25 km untuk sampai di pantai yang indah itu. Hanya saja, lokasinya yang cukup jauh dari jalan yang dilalui angkot menjadi kendala. Jika tidak menggunakan kendaraan sendiri, alternatifnya pakailah ojek untuk mengantar ke pantai yang indah itu.

Pemerintah KSB menyadari potensi Pantai Kertasari sebagai daya tarik pariwisata daerah. Fasilitas sarana dan prasarana pun ditingkatkan. Sebuah jalan lingkar menyusuri pantai dibangun untuk menambah akses, tanpa perlu masuk Kota Taliwang. Akses ini terutama bagi wisatawan yang menggunakan mode transportasi laut, menyeberangi selat alas dari Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok. Sesampainya di Pelabuhan Poto Tano yang merupakan gerbang keindahan Pulau Sumbawa, teruskan perjalanan menuju arah Kota Taliwang. Sebelum masuk kota, berbeloklah ke kanan mengikuti petunjuk arah lalu lintas ke Pantai Kertasari. Tentu saja, pilihan rute lewat jalur lingkar ini akan memperpendek jarak dan waktu tempuh untuk dapat menikmati keindahan Pantai Kertasari. Jika harus melewati Kota Taliwang jarak tempuhnya sekitar 50 km, dengan jalur lingkar jaraknya tinggal separuhnya saja.


Sayangnya, belum semua bagian jalan sudah selesai dikerjakan. Beberapa bagian masih dalam tahap konstruksi, masih berupa jalan tanah yang berdebu. Jika pembangunan sudah selesai, tentu akan sangat nyaman menyusuri jalan dengan kualitas hot mix itu. Oh ya, selalu waspada dan berhati-hatilah dengan kawanan sapi yang dibiarkan bebas berkeliaran. Ada kalanya mereka menyeberangi jalan, membahayakan keselamatan pengguna jalan maupun kawanan sapi itu sendiri.

Wisatawan, terutama dari manca negara mulai menjadikan Pantai Kertasari sebagai pilihan. Selain keindahan pantainya, wisatawan manca negara datang ke Kertasari untuk mengejar ombak. Ya, ombak Pantai Kertasari memang menantang bagi para penghobi surfing. Tidak heran jika di sekitar Pantai Kertasari lebih mudah dijumpai bule dengan peralatan surfing daripada wisatawan domestik.


Bahkan, saat ini penginapan yang paling terkenal di Pantai Kertasari dikelola oleh seorang warga Rusia. Resort yang ditata dengan konsep menyatu dengan alam itu memang menarik. Bayangkan menginap di bangunan dengan nuansa tradisional yang berada di tengah kerimbunan pohon kelapa.


Pantai Kertasari berada di pesisir barat Pulau Sumbawa. Menikmatinya di waktu senja, tentu akan menawarkan keindahan yang lebih menawan. Pantai yang bersih dan tenang menemani mentari yang berlahan tenggelam di batas cakrawala, meninggalkan jejak semburat jingga di langit. Sungguh paduan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

#ingatanperjalanan, 29102017
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment: